Di Tengah Pandemi, MPLS di Sumenep Dilaksanakan Secara Daring

Pendidikan Regional Sumenep
Share this:

asatoe.net, Sumenep – Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur dilaksanakan secara daring. Hal itu dilakukan karena sampai sekarang di Kota Sumekar masih berstatus zona merah kasus Covid-19.

Di SMP Negeri II Sumenep, misalnya, MPLS dilaksanakan secara daring. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan atau untuk menjaga kesehatan guru dan siswa.

“Kegiatan MPLS daring ini akan dilaksanakan selama tiga hari, dengan memakai google class room,” kata Kepala Sekolah SMP II Sumenep, Nanik Mujiati, Senin (13/7/2020).

Menurut Nanik, dalam pelaksanaan MPLS daring ini, ada beberapa kendala yang dihadapi, salah satunya ialah masih adanya siswa yang tidak memiliki smartphone. Sehingga perlu dilakukan pendataan kembali setelah kegiatan MPLS selesai.

“Ada sebagian anak yang tidak memiliki HP. Makanya nanti kami data kembali, siapa saja yang belum mengikuti MPLS. Kalau jumlahnya banyak, nanti materi MPLS akan kami cetak untuk dibagikan. Kalau pun memungkinkan, tidak lebih dari 10, akan kami jadwal ke ruang komputer untuk anak-anak membuka internet di sana,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sumenep, Muhammad Suadi mengatakan, kegiatan belajar mengajar ataupun MPLS harus dilakukan secara daring. Hal itu, menurut dia, sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat. Sekolah yang bisa melakukan pembelajaran secara tatap muka adalah sekolah yang berada di zona hijau. Sedangkan yang berada di luar zona hijau, tetap dilarang,

“Jadi, untuk wilayah zona merah, baik itu di daratan maupun kepulauan, untuk kegiatan MPLS ataupun proses belajar mengajar tidak diperkenankan tatap muka, tapi harus daring meskipun itu siswa baru,” katanya. (Hazmi)

image_pdfPDFimage_printPRINT
Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.