Jelang Pilkada, Polres Sumenep Gelar Latihan Dalmas

Peristiwa Regional Sumenep
Share this:

asatoe.net, Sumenep – Polres Sumenep menggelar latihan pengendalian masyarakat (Dalmas) di Gor A Yani, untuk meningkatkan kemampuan anggota dan kesiapan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Latihan tersebut diikuti oleh jajaran Polres se- Madura raya, dengan rincian, Sumenep 97 personel, Pamekasan 76 personel, Sampang 110 personel, dan Bangkalan 86 personel.

“Mereka langsung dilatih oleh Dansat Brimob Polda Jatim,” kata Kasubbag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti, Rabu (29/7/2020).

Widiarti menjelaskan, latihan Dalmas ini bertujuan untuk memaksimalkan kesiap-siagaan anggota di lapangan dan meningkatkan keterampilan serta kemampuan personil.

”Latihan kami laksanakan agar anggota lebih siap melaksanakan tugas. Karena pada pilkada tensi politik biasanya menghangat. Kami berharap tak sampai terjadi gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat,” ucapnya.

Untuk tingkat kerawanan, menurut Widi, Sumenep termasuk dalam siaga satu. Sebab, di kabupaten paling ujung timur Madura ini terdiri dari wilayah daratan dan kepulauan, sehingga membutuhkan cukup banyak personil dalam hal pengamanan.

“Apalagi Pilkada tahun ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19, dimana setiap daerah terdapat penambahan jumlah tempat pemungutan suara (TPS). Sehingga butuh banyak personil untuk pengamanannya,” tuturnya.

Meski begitu, untuk meminimalisir kerawanan, Widi mengaku pihaknya inten melakukan koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam setiap perkembangan terkait pelaksanaan Pilkada tersebut.

“Kami berharap pelaksanaan Pilkada ini, mulai dari tahapan hingga pelaksanaan pemilihan nanti berjalan aman, damai, kondusif dan lancar,” harapnya. (Hazmi)

image_pdfPDFimage_printPRINT
Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.