Pendaftaran Cabup dan Cawabup Sumenep Dibuka September

Politik Regional Sumenep
Share this:

asatoe.net, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menyatakan, tahapan pendaftaran pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati dibuka pada awal September 2020.

Komisioner KPU Sumenep, Rahbini mengatakan, pada 28 Agustus – 3 September, KPU akan menyampaikan pengumuman soal pendaftaran pasangan bakal calon di Pilkada Sumenep 2020. Barulah pada 4-6 September, pendaftaran dibuka.

“Pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Sumenep dibuka pada 4-6 September 2020,” kata Rahbini, Selasa (4/8/2020).

Menurut dia, setiap pasangan bakal calon harus menyiapkan berkas pendaftaran sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2020. “Untuk persyaratannya banyak sekali, salah satunya setia pada Pancasila, taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, rekomendasi dari partai politik, dan lain sebagainya,” jelasnya.

Setelah itu, berkas persyaratan pencalonan yang masuk langsung diverifikasi. Kalau dinyatakan lengkap, baru dilakukan pengumuman kelengkapan dokumen pasangan calon.

Selanjutnya, calon yang mendaftar tersebut akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Untuk pemeriksaan kesehatan, KPU akan bekerjasama dengan rumah sakit yang ditunjuk oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang layak memeriksa kesehatan calon bupati dan wakil bupati.

“Dalam proses pendaftaran nanti, kami akan menerapkan standar protokol kesehatan sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020,” tandasnya. (Hazmi)

image_pdfPDFimage_printPRINT
Tagged

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.